Friday, May 31, 2013

Julius Richard Petri di Logo Google

http://2.bp.blogspot.com/-IW6HewQ0V4I/UagE-CGLQmI/AAAAAAAAEHg/f2NyEOtONJQ/s640/google.JPG

Logo Google hari ini tanggal 31 Mei 2013 memperingati 161 tahun kelahiran Julius Richard Petri. Bagi dunia kedokteran, Julius Richard Petri merupakan salah satu nama yang paling berpengaruh. Pakar ilmu bakteri kelahiran Barmen, Jerman, pada tanggal 31 Mei 1853 ini sangat dikenal dengan hasil temuannya, yaitu Petridish atau Cawan Petri. Dari situ bisa dilihat, nama Petri menjadi trademark salah satu alat kedokteran yang sangat berguna tersebut.

Petridish atau Cawan Petri adalah sebuah alat yang digunakan sebagai wadah untuk mengembang-biakkan sel atau bakteri. Sesuai dengan namanya, Cawan Petri berbentuk cawan atau piring bundar yang terbuat dari plastik atau kaca. Perangkat ini menjadi salah satu penemuan terpenting dalam perkembangan ilmu kedokteran, khususnya untuk ilmu yang mempelajari tentang sel dan bakteri.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhR1JjTki0zMkL2evWqKvr6QAAws02y2LEFH0Tdy1V7twPjMBSeJJ5iqbYNujTsVU-PHt7Om_oqdk9TRvumo4X9mrsp1vvAPwImq42lG8ospAP-qRMiWaWCG4nk8dy9rOEAoFupfrwaeAM/s1600/Julius-Richard-Petri.jpg
Julius Richard Petri sendiri sejak kecil memang sudah bercita-cita menjadi seorang dokter. Pada tahun 1871, Julius Richard Petri untuk pertamakalinya belajar ilmu kedokteran secara formal di Kaiser Wilhelm Academy, yaitu sebuah sekolah pendidikan dokter militer di Jerman.

Setelah lulus dari Kaiser Wilhelm Academy pada tahun 1875 dan menerima gelar medisnya setahun kemudian, Julius Richard Petri kemudian meneruskan sekolahnya di Rumah Sakit Charite yang terletak di Berlin. Selain belajar, di rumah sakit itu Julius Richard Petri juga menjalankan tugas sebagai dokter militer.
Di sela-sela masa belajar dan masa tugasnya di Rumah Sakit Charite, Julius Richard Petri juga dipercaya menjadi asisten Robert Koch, salah seorang ilmuwan paling terkemuka pada saat itu.

Robert Koch adalah guru bagi Julius Richard Petri dalam mempelajari seluk beluk tentang sel dan bakteri. Sebagai catatan, Robert Koch juga dikenal sebagai Bapak Bakteriologi Modern karena berbagai penemuannya yang sangat bermanfaat bagi kepentingan ilmu kedokteran.

Nah, semasa bekerjasama dengan Robert Koch itulah pada tahun 1877, Julius Richard Petri berhasil menemukan Petridish atau Cawan Petri yang hingga saat ini menjadi salah satu perangkat yang paling diperlukan dalam segala hal yang berhubungan dengan bakteri atau sel.

Sepanjang hidup, Julius Richard Petri mengabdikan dirinya untuk memajukan ilmu bakteri dan menularkan kegunaannya kepada orang lain. Julius Richard Petri wafat pada tanggal 20 Desember 1921 dalam usia 69 tahun di Zeitz, Jerman.

1 comment:

  1. HELLO ADMIN NUMPANG PROMO YA BOSKU..
    - Web : http://bit.ly/2c8G2QW
    -Minilam Deposit 20.000 Idr & Withdraw 50.000 Idr
    - Komisi referral 50% (syarat ketentuan berlaku)
    Support bank :
    - BCA
    - MANDIRI
    - BNI
    - BRI

    Dapatkan info lebih lanjut hubungi livechat kami,
    Siap 24jam melayani anda semua player-player indomonopoly
    trima kasih dari indomonopoly..


    ReplyDelete