Tuesday, May 21, 2013

9 Foto Perbandingan Dulu dan Kini

Teknologi terus berkembang pesat seiring dengan berjalannya waktu. Kehidupan manusia pun seolah dimudahkan dengan keberadaan beberapa alat produk kemajuan zaman.
Di ulasan ini, kami mengajak kamu untuk mengendarai mesin waktu, kembali ke beberapa tahun lalu. Saat teknologi belum semaju sekarang, saat wartel masih ramai, saat kinerja komputer sangat minimal dan berukuran besar.
Seperti apa? Simak halaman-halaman berikut ini. Dan kagumilah perkembangan teknologi yang super pesat ini.

1. Telepon
http://img.izismile.com/img/img6/20130426/640/everyday_items_that_have_changed_over_the_years_640_01.jpg
Zaman dulu, hanya orang kaya yang menggunakan fasilitas telpon. Kala itu bentuk telepon masih sangat besar dan tidak mungkin untuk dibawa ke mana-mana.
Nah, bandingkan dengan sekarang. Telepon sudah bisa digenggam dan dimasukkan ke dalam saku. Bahkan satu orang bisa memiliki lebih dari dua telepon. Belum lagi kemampuan lain telepon berjuluk smartphone ini.

2. Komputer
http://img.izismile.com/img/img6/20130426/640/everyday_items_that_have_changed_over_the_years_640_03.jpg
Tak sembarang orang bisa mengoperasikan, apalagi memiliki komputer. Program yang bisa dijalankan komputer pada saat itu masih belum semaksimal sekarang. Ukurannya pun masih sangat besar.
Nah, lupakan sejenak komputer jadul itu. Teknologi berkembang pesat. Produsen besar dunia sudah mengeluarkan komputer setipis buku dan berlipat-lipat lebih pintar dari komputer jadul Simak fotonya di atas.

3. Televisi
http://img.izismile.com/img/img6/20130426/640/everyday_items_that_have_changed_over_the_years_640_04.jpg
Bayangkan bila kamu menonton siaran langsung sepak bola di televisi seperti pada foto sebelah kiri. Sepertinya kamu bakal lebih memilih tidur dan menunggu berita di koran.
Televisi terus berkembang. Setelah era hitam putih berakhir, televisi berwarna lambat laun menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Layar televisi makin lebar, sebaliknya bagian samping makin menipis.

4. Jam Waker
http://img.izismile.com/img/img6/20130426/640/everyday_items_that_have_changed_over_the_years_640_14.jpg
Pernah punya jam waker seperti pada foto sebelah kiri? Bila punya, segera simpan, sebab jam waker tersebut sudah kuno dan layak dikoleksi.
Saat ini, manusia sudah jarang memiliki jam waker. Mereka lebih suka memanfaatkan handphone sebagai alarm. Kalaupun ada, bentuknya seperti pada foto di sebelah kanan, digital!

5. Penyimpan Data
http://img.izismile.com/img/img6/20130426/640/everyday_items_that_have_changed_over_the_years_640_27.jpg
Anak Indonesia generasi 80 atau 90-an pasti kenal banget dengan yang namanya disket! Saat ini disket sudah menjadi barang langka untuk dijumpai. Teknologi canggih dunia telah menciptakan flashdisk dengan kemampuan jauh lebih hebat dibandingkan disket.

6. Alat Penghitung
http://img.izismile.com/img/img6/20130426/640/everyday_items_that_have_changed_over_the_years_640_30.jpg
Bangsa China kadang masih gemar menggunakan sempoa walau jumlahnya sudah sangat jarang. Kali ini peran sempoa sudah digantikan oleh kalkulator. Alat penghitung yang jauh lebih efektif.
Namun tidak semua orang menggunakan jasa kalkulator untuk menghitung secara cepat. Sebab hampir semua handphone memiliki fungsi dasar kalkulator.

7. Radio
http://1.bp.blogspot.com/-FOp5mn26boU/UXz9QmvoN2I/AAAAAAACu98/HwWbWJJ0b_I/s1600/everyday_items_that_have_changed_over_the_years_640_high_05.jpg
Radio berukuran besar dengan channel yang masih minim benar-benar menjadi primadona zaman dahulu. Lambat laun fungsi radio sudah bisa menjadi bagian dari smartphone. Lebih kecil, lebih lengkap dan efektif!

8. Kamera
http://img.izismile.com/img/img6/20130426/640/everyday_items_that_have_changed_over_the_years_640_high_11.jpg
Zaman dahulu, manusia harus berhemat kala memotret. Alasannya, setiap foto bakal mengurangi jumlah roll foto. Nah, saat di era digital ini, manusia sudah bisa sesukanya mengambil gambar. Tidak cocok dengan gambar yang diambil? Tinggal tekan tombol 'delete'.

9. Sepatu Roda
http://img.izismile.com/img/img6/20130426/640/everyday_items_that_have_changed_over_the_years_640_13.jpg
Permainan yang satu ini ternyata sudah ada sejak zaman dahulu. Jika dulu sepatu harus digabungkan dulu dengan roda yang ditata seperti roda mobil, kini sepatu sudah khusus menyatu dengan rodanya yang berjajar lurus dari depan ke belakang. Yang mana yang lebih sulit dipakai ya?

Sumber : Kapanlagi

3 comments: