Monday, June 10, 2013

20 Bandar Udara Terbaik di Tahun 2013

Penghargaan Skytrax World Airport diberikan berdasarkan survei 12 juta penumpang pada 385 bandara berbeda, yang menilai pengalaman perjalanan berdasarkan 39 kriteria. Lalu bandara apa saja yang menjadi tempat ideal untuk singgah atau transit? Simak ke-20 namanya di sini.
Kriteria survei tersebut termasuk kenyamanan terminal, kemudahan akses, keahlian bahasa para staf, waktu menunggu, dan pilihan transportasi umum. 

20. Bandara Sydney
World's 20 best airports
Melayani konsumen di kota terbesar di Australia, ketiga terminal di Bandara Sydney menghabiskan dana US$500 juta untuk renovasinya pada tahun 2010.

19. Bandara Internasional Kansai
World's 20 best airports
Berlokasi di prefektur Osaka, Kansai dibuka pada tahun 1994. Terminal 1-nya membentang sepanjang 1,7 KM dan merupakan yang terpanjang di dunia.

18. Bandara Internasional Abu Dhabi
World's 20 best airports
Ibu kota Uni Emirat Arab ini disokong oleh Bandara Internasional Abu Dhabi yang berkembang sangat pesat. Saat ini sedang dalam renovasi dengan biaya sangat tinggi.

17. Bandara Internasional Narita
World's 20 best airports
Narita adalah bandara penumpang pokok di dalam dan sekitar Tokyo. Melayani mayoritas penerbangan internasional dalam dan luar Jepang.

16. Bandara Internasional Shanghai Hongqiao
World's 20 best airports
Hongqiao adalah bandara domestik primer untuk Shanghai. Walau tidak seglamor Pudong, bandara internasional di kota tersebut, Hongqiao mendatangkan benefit sebesar lebih dari US$2 miliar.

15. Bandara Frankfurt
World's 20 best airports
Bandara Frankfurt merupakan bandara penumpang tersibuk di Jerman, dan ketiga terisbuk di Eropa setelah Heathrow dan Paris-Charles de Gaulle. Bandara ini menyediakan penerbangan internasional dan transit dari seluruh dunia.

14. Bandara Internasional Haneda Tokyo
World's 20 best airports
Bandara ini lebih banyak menangani penerbangan domestik di Jepang.

13. Bandara Internasional Auckland
World's 20 best airports
Bandara terbesar di New Zealand ini merupakan yang terbaik di wilayah Australia/Pasifik menurut survei. Para stafnya juga termasuk yang terbaik di wilayahnya.

12. Bandara Copenhagen
World's 20 best airports
Bandara ibu kota Denmark ini merupakan yang terbaik di wilayah Eropa Utara dan lebih banyak menangani penerbangan internasional ketimbang penerbangan di dalam Skandinavia. Pada tahun 2012, bandara ini mencatat rekornya, telah melayani 23.3 juta penumpang.

11. Bandara Heathrow London
World's 20 best airports
Bandara tersibuk ketiga di dunia ini memiliki lima terminal berukuran raksasa yang memperkerjakan 76 ribu karyawan di dalamnya.

10. Bandara Internasional Chūbu Centrair
World's 20 best airports
Dibangun di pulau buatan, di Ise Bay, wilayah Chūbu, Jepang, bandara ini merupakan yang terbaik di wilayah Asia.

9. Bandara Internasional Vancouver
World's 20 best airports
Menangani kota Pantai Barat Kanada, bandara internasional ini adalah satu-satunya yang masuk di dalam daftar Bandara Terbaik-nya Skytrax. Ketua organisasi Skytrax memuji bandara ini karena standar terbaik pada dekor dan suasana terminalnya.

8. Bandara Internasional Kuala Lumpur
World's 20 best airports
Bandara internasional utama Malaysia ini dipuji sebagai bandara yang memiliki layanan imigrasi bandara terbaik.

7. Bandara Zurich
World's 20 best airports
Bandara internasional terbesar Switzerland ini dianugerahi "Pengiriman Bagasi Bandara Terbaik Dunia" oleh survei SKYTRAX.

6. Bandara Munich
World's 20 best airports
Lalu lintas bandara ini berlipat ganda pada akhir 90-an dan awal tahun 2000-an. Saat ini menjadi nomor dua tersibuk di Jerman. Survei menyebutkan bahwa pilihan tempat makannya merupakan yang terbaik di dunia, dan menempatkan bandara ini sebagai kelima terbaik soal fasilitas rekreasinya.

5. Bandara Internasional Ibu Kota Beijing
World's 20 best airports
Pada tahun 2012, bandara ini merupakan yang tersibuk kedua di dunia. Dibangun untuk Olimpiade 2008, terminal 3-nya merupakan gedung yang terbesar kelima di dunia.

4. Bandara Schiphol Amsterdam
World's 20 best airports
Bandara terbesar di Belanda ini memiliki berbagai pilihan wisata belanja, perpustakaan, galeri seni, bahkan pekuburan. Survei SKYTRAX mencatat bandara ini sebagai yang terbaik di Eropa.

3. Bandara Internasional Hong Kong
World's 20 best airports
Bandara utama Hong Kong merupakan yang tersibuk di dunia dalam hal lalu lintas kargo. Masuk ke dalam Top 5 dalam hal pilihan makanan, transit internasional, belanja, kebersihan, dan fasilitas rekreasi.

2. Bandara Internasional Incheon
Incheon International Airport
Dengan sebuah lapangan golf, spa, kasino, museum, dan lainnya, bandara internasional Seoul ini merupakan yang kedua terbaik di dunia dalam penghargaan SKYTRAX. Tujuh tahun dinobatkan oleh Airports Council International sebagai bandara terbaik di dunia.

1. Bandara Changi Singapura
Singapore Changi Airport takes off with 4.8% more passengers
Bandara utama Singapura telah memenangkan berbagai penghargaan sebagai bandara terbaik di dunia berkat pilihan wisata belanja, enam taman terbuka, gym, spa, dan bahkan tempat untuk beristirahat. Fasilitas rekreasinya dinobatkan yang terbaik di dunia oleh survei ini.

No comments:

Post a Comment