Friday, September 20, 2013

5 Robot Legendaris di Film Klasik

Jika anak-anak sekarang mengenal robot melalui film transformer, Robo Cop, Terminator, I Robot, dan banyak lagi. Padahal sejak era tahun 1920′an, film fiksi ilmiah telah menghadirkan sosok robot. Kecanggihan robot mulai dari  bentuk, senjata ditambah efek sinematografi telah menghipnotis para penggemar film saat itu. Berikut 5 robot legendaris di film klasik:

1. Robot di Film Metropolis  (1927)
http://i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/02065/1927-metroplois_2065325i.jpg
Sosok robot menjadi perbincangan hangat di era 20’an melalui film Metropolis yang diluncurkan pada tahun 1927. Di dalam film fiksi ilmiah besutan sutradara Jerman, Fritz Lang,  sosok robot perempuan, bernama Maria. Atas keberhasilan film Metropolis, sosok robot perempuan yang menginspirasi robot C3PO di film Star Wars, menjadi ikon salah satu kota Belsberg, Jerman.

2. Tin Man di Wizard of Oz  (1939)
http://2.bp.blogspot.com/_esUXxm_xoHU/TL8VBWz5rMI/AAAAAAAAHxc/gKKwASXpDrE/s1600/tinman2.jpg
Setelah duni perfilman dunia digebrak oleh sosok robot rekaan sutradara Jerman, Amerika Serikat melalui rumah MGM merilis film Wizard of Oz pada 1939. Di dalam film besutan Victor Fleming, dan dibintangi oleh aktris cantik Judy Garland, hadir sosok robot bernama Tin Man. Berbeda dengan film Metropolis (1927), Wizard of Oz merupakan film musikal sekaligus bergenre fantasi. Sosok Tin Man bukanlah robot berteknologi canggih, ia adalah tukang kayu yang dikutuk oleh penyihir jahat.

3. Klaatu di  Film The Day the Earth Stood Still (1951)
http://www.firstshowing.net/img/earth-stood-still-klaatu.jpg
The Day the Earth Stood Still merupakan film fiksi ilmiah arahan sutradara Robert Wise, ditulis oleh Edmund H. North berdasarkan cerita pendek karya Harry Bates berjudul “Farewell to the Master (1940).  Film yang dibintangi oleh Michael Rennie (Robot bernama Klaatu) dan Patricia Neal, mengisahkan kedatangan mahluk asing di bumi. Mahluk asing tersebut memiliki kekuatan dan kemampuan luar biasa, Klaatu.

4.Gog dan Magog di Film Gog (1954)
http://www.fastpictures.com/images/scotpens/gogmagog.jpg
Sosok robot menjadi favorit para penggiat film di masa kelahiran sinematografi modern (berwarna), dibuktikan melalui film Gog pada tahun 1954.  Melalui arahan sutradara Herbert L. Strock, dua sosok robot bernama Gog dan Magog hadir di bumi sebagai pengacau. Gog dan Magog mengacaukan semua tatanan pemerintahan dan masyarakat di bumi. Dua robot pengacau ini dilengkapi senjata yang canggih, sehingga sulit untuk dikalahkan.

5. Robby di Film Forbidden Planet (1956)
http://images1.wikia.nocookie.net/__cb20120426170211/monstermovies/images/9/90/Forbidden-planet-robby.jpg
Film robot dengan teknik sinematografi berwarna, mengenalkan sosok Robby di dalam Forbidden Planet produksi 1956. Melalui “Forbidden Planet” Sutradara Fred M. Wilcox  bersama dua penulis skenario Irving Block dan Allen Adler, mengadaptasikan kisah karya William Shakespear “The Tempest” dengan cara berbeda, fiksi ilmiah.

1 comment: